Pentingnya Aplikasi Multimedia

Pengalamanku dalam Kuliah "Aplikasi Pengembangan Multimedia Bimbingan dan Konseling"



Halo semuanya!!! Gimana kabar kalian? Semoga baik-baik saja serta selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya sahabat.....

Jika kita lihat, masih banyak yang bertanya guru BK mempelajari multimedia dan juga aplikasi pengembangan multimedia dalam BK untuk apa?

Yuhuu, jadi sahabat aplikasi multimedia ini sangat penting loh, apalagi saat pandemi ini. Kemudahan, kecepatan, dan kemenarikan suatu informasi akan lebih didapat saat kita menggunakan aplikasi multimedia yang ada.

Nah oleh karena itu, pada blog kali ini saya akan membahas terkait refleksi pengalaman saya selama 1 semester, apa yang saya peroleh, apa yang saya lakukan secara individu ataupun kelompok, dll dalam mata kuliah “Aplikasi Pengembangan Multimedia Bimbingan dan Konseling”. Semoga bermanfaat ya..... 

Selamat membaca😊✌


PERTEMUAN AWAL: Pada pertemuan paling awal, saya dan teman-teman yang lain diarahkan untuk memahami RPS mata kuliah ini. Kita mengaksesnya pada SIPEJAR, yaitu situs resmi perkuliahan Universitas Negeri Malang. 

RPS itu isinya apa sih kak? RPS itu merupakan singkatan dari Rencana Pembelajaran Semester yang berisi tahapan setiap pertemuan pada suatu mata kuliah, jadi ini ibarat buku pedoman atau pegangan kita pada salah satu mata kuliah sehingga kita dapat tahu pada pertemuan ini kita akan belajar apa, maka kita bisa mempersiapkannya atau belajar sebelum hari H.


PERTEMUAN 1: Topik yang dibahas “Materi Hakikat Aplikasi Multimedia dalam BK”. Pada pertemuan 1 ini, saya berdiskusi secara asinkron melalui SIPEJAR, setiap mahasiswa memberikan pendapat/tanggapan tentang kompetensi multimedia guru BK. Saat itu tanggapan saya berbunyi:

“Menurut saya kompetensi multimedia bagi guru BK di era new normal ini adalah kecakapan dalam menggunakan media atau platform dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling. Multimedia BK sangat penting sebagai penunjang keoptimalan layanan BK yang diberikan sehingga kemampuan dalam menciptakan atau mengelola atau menjalankan haruslah dimiliki oleh guru BK dengan terus melakukan pengembangan kemampuan dan inovasi pada multimedia yang ada saat ini. Mengingat masa pandemi yang masih belum usai sehingga pemberian layanan BK menggunakan multimedia sangat dibutuhkan”.

Pada pertemuan ini, saya mendapatkan pemahaman luas tentang pentingnya kompetensi multimedia bagi guru BK. Selain itu, saat itu juga terdapat penugasan “Rangkuman tentang analisis (apa, mengapa, bagaimana, dst) jenis-jenis aplikasi multimedia yang dapat digunakan untuk mengembangkan media dalam layanan BK (berdasarkan jenis-jenis layanan BK)”. Pada tugas tersebut saya menyebutkan beberapa jenis aplikasi multimedia dalam layanan BK, mulai dari pengertian, cara penggunaan, dan juga kegunaannya. Saya 8 jenis aplikasi multimedia pada tugas yang saya susun dengan melihat dari sumber-sumber terpercaya yang ada. 

Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa lihat pada hasil tugas saya pada pertemuan 1 ini, sebagai berikut:

https://drive.google.com/file/d/1d7czxEzfntGY9Zmgvk8sfqCrvi60ZwSY/view?usp=sharing


PERTEMUAN 2: Topik yang dibahas “Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling”. Pada pertemuan 2 ini terdapat materi PPT yang sudah disediakan, kemudian kegiatan yang dilakukan adalah memberikan tanggapan dan kesimpulan tentang TI dalam BK pada materi tersebut loh sahabat.... Pastinya kalian penasaran, apa ya kegunaannya TI dalam BK, saat itu saya memberikan pendapat yang berbunyi:

“Kesimpulan yang saya dapatkan dari materi adalah Teknologi Informasi memiliki urgensi tinggi di dalam kehidupan manusia dalam membuat, menyimpan, mengubah, ataupun menyebarkan informasi. Dalam pendidikan, hampir semua disiplin ilmu, sudah berbasis Teknologi Informasi. Pada masa pandemi saat ini, TI semakin digadang-gadang sebagai kebutuhan yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling. TI sangat berguna dalam pemberian layanan BK, sebagai alat untuk mempermudah kegiatan layanan BK dan juga sebagai pengembangan diri untuk konselor agar tidak ketinggalan zaman, dimana saat ini tuntutan kemampuan penguasaan TI sangatlah diutamakan. TI dalam BK memiliki banyak macam, bentuk, atau variasinya baik dalam menyimpan data, mengolah data, menyiapkan materi layanan yang menarik,ataupun untuk evaluasi BK. Dengan menggunakan TI secara bijak, layanan BK yang dilakukan oleh konselor akan semakin optimal karena mudahnya mendapat, mengolah, dan menganalisis informasi ataupun kebutuhan konseli serta mudahnya evaluasi dari adanya teknologi. Namun, kemudahan yang diberikan tetap perlu diperhatikan kekurangan ataupun dampak dari TI yang digunakan, sehingga konselor dapat memilah dan memilih TI mana yang tepat untuk digunakan dalam layanan BK. Di samping itu, TI juga akan memberikan dampak yang negatif jika dipergunakan secara kurang bijak”.

Jika ada pendapat lain dari kalian terkait bagaimana sih urgensi Teknologi Informasi dalam BK bisa dituliskan di kolom komentar ya sahabat.....

Oh iya, pada pertemuan 2 ini juga mulai disinggung untuk membentuk kelompok loh sahabat, dan saya menjadi bagian dari kelompok 4 yang membahas tentang pemanfaatan Youtube dan vlog sahabat, bagaimana keseruan yang terjadi dalam kelompok 4, ini akan kita bahas pada salah satu pertemuan, maka ikuti terus yuk sahabat refleksi pengalaman saya.


PERTEMUAN 3: Topik yang dibahas “Pemanfaatan E-Book, E-Journal, dan Sitasi dalam BK” yang merupakan tugas kelompok 1. Disini saya semakin paham tentang urgensi, tata cara mencari dan memilih, hingga kelebihan dan kekurangan dalam mencari E-Book, E-Journal, dan membuat sitasi. Setiap kelompok memberikan pertanyaan tentang aplikasi multimedia yang dibahas oleh kelompok 1, dan saya saat itu memberikan pendapat serta tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan dan juga jawaban yang ada. Pada pertemuan ini juga terdapat penugasan yang sangat seru loh sahabat...., yaitu mencari E-Book dan E-Journal, minimal 10 dan kita menyusun sebuah tulisan sesuai dengan bidang bimbingan kelompok saya, yaitu “SMA-Sosial: Cara Memilih Pergaulan yang Tepat”. Untuk lebih lanjutnya saya lampirkan tugas yang telah saya susun, sebagai berikut:

https://drive.google.com/drive/folders/15It87ABLveyWAwkzBcyJ8Qn2RaW0jVQ2?usp=sharing


PERTEMUAN 4: Topik yang dibahas “Media Presentasi Animatif untuk Layanan BK”, yaitu materi kelompok 2. Kegiatan yang dilakukan pada pertemuan ini sama dengan kegiatan pertemuan 3 loh sahabat..... yaitu berdiskusi dan terdapat penugasan. Saat itu, saya semakin memperoleh wawasan lebih tentang media presentasi animatif untuk layanan BK, yang awalnya saya hanya tahu Power Point, ternyata banyak loh sahabat, seperti Prezi, OBS Studio, dan masih banyak banget yang lainnya. Selain itu, saya juga mendapat pemahaman bagaimana caranya menyusun media presentasi animatif untuk layanan BK yang efektif dan menarik. Untuk penugasan sendiri, secara individu membuat media presentasi animatif dengan ppt yang menarik sesuai dengan materi E-Book dan E-Journal yang telah dikumpulkan pada pertemuan sebelumnya. Pastinya sangat bermanfaat dan seru saat diskusi, selanjutnya saya lampirkan hasil tugas individu sahabat pada pertemuan ini nih sabahat, silahkan bisa dilihat ya dan jangan lupa boleh banget memberikan komentar terhadap media presentasi yang saya kembangkan,

https://drive.google.com/drive/folders/1UQ3xDxtZ5q_I7jurLgaRdkyjEEYxR7DD?usp=sharing


PERTEMUAN 5: Topik yang dibahas “Video Animasi untuk Layanan BK” yang merupakan materi kelompok 3. Pada pertemuan ini, tak jauh beda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya yaitu berdiskusi dan terdapat penugasan. Namun, pertemuan 5 ini saya menjadi perwakilan yang bertanya dari kelompok 4 kepada kelompok penyaji dan juga ikut berdiskusi dalam kelompok lain. Jujur saja sahabat, selama ini saya belum pernah tahu aplikasi untuk membuat video animasi dan bagaimana caranya. Nah, pada pertemuan ini saya sangat senang karena selain mendapat wawasan baru terkait aplikasi video animasi, saya juga mendapatkan pengalaman praktik langsung membuat video animasi dengan aplikasi-aplikasi yang ada sebagai tugas individu saat itu. Walaupun, banyak hal-hal yang membuat kesal saat itu, mulai dari kesalahan saya yang membuat video animasi dengan premium sehingga tidak dapat disimpan, pengerjaan yang saya lakukan sangat dekat dengan deadline sehingga saya sangat tertantang saat itu dan saya melakukan rekam layar untuk mendapatkan video animasi yang saya buat, itu menjadi instropeksi saya ke depannya. Baik, silahkan sahabat bisa melihat dan memberikan penilaian terhadap video animasi yang saya kembangkan melalui aplikasi powtoon berikut ya sahabat,

https://drive.google.com/drive/folders/14mrOsOiHbGUSyp3K70I_emRhizml4iei?usp=sharing


PERTEMUAN 6: Topik yang dibahas “Aplikasi Youtube untuk Layanan BK”. Nah ini nih sahabat, materi dari kelompok saya yaitu kelompok 4, disini saya dan kelompok membuat makalah, ppt, dan video presentasi tentang fitur, penggunaan youtube, dan juga vlog dalam youtube. Untuk lebih jelasnya ada di blog saya yang satunya ya sahabat, tentang pengembangan media. Pada pertemuan ini, ada diskusi seperti biasa dan juga ada tugas individu membuat vlog dan diupload di youtube, penasaran seperti apa, berikut saya lampirkan video vlog saya, jangan lupa like, comment, dan subscribe ya sahabat...

https://youtu.be/Yi7BV8eFuTM


PERTEMUAN 7: Topik yang dibahas “Aplikasi untuk Evaluasi BK”, materi kelompok 5. Pada pertemuan ini, sama dengan sebelumnya yaitu diskusi secara asinkron dan terdapat penugasan secara individu. Dalam diskusi, saya memberikan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada karena disini saya sudah cukup mengetahui tentang google form dan juga sedikit tahu tentang quiziz. Namun, pastinya wawasan saya semakin bertambah luas akan aplikasi evaluasi BK ini dan mendapat pengalaman untuk mengembangkan secara individu. Seperti apa kuis dan form untuk evaluasi BK yang saya buat, yuk bisa dilihat di bawah ini sahabat,

1. Link Quiziz

https://quizizz.com/join?gc=15922386

2. Link Google Form

http://bit.ly/EvaluasiLayananBK12IPS


PERTEMUAN 8: Ujian Tengah Semester. Wahh, pada pertemuan 8 ini saya dan teman-teman mendapatkan tugas untuk ujian tengah semester loh sahabat dan tugasnya itu membuat vlog loh. Saya mengangkat judul “Hope & Spirit, Pandemi Bukan Alasan”. Di sini saya berusaha membuat vlog yang menarik, penasaran seperti apa? Bisa ditoton di bawah ini,

https://youtu.be/rwQ-iB_0ZTU


PERTEMUAN 9: Nah sahabat, pada pertemuan 9 ini cukup berbeda loh dari pertemuan-pertemuan yang sudah saya ceritakan. Pada pertemuan ini, kita bekerja secara berkelompok dan berkelanjutan. Topik yang dibahas, yaitu “Pengembangan Media BK”. Di sini, kita mengembangkan “Kisi-Kisi Instrumen Analisis Kebutuhan”. Pastinya, kelompok saya mendapat topik sesuai pertemuan sebelumnya, yaitu bidang sosial pada siswa SMA. Pada pertemuan ini, juga ada review loh yang sudah dibagikan, dan kelompok kami direview oleh kelompok 3, kemudian melakukan revisi, lalu menyebarkannya kepada responden, yaitu siswa SMA dan guru BK. Penasaran seperti apa pengembangan kisi-kisi instrumen analisis kebutuhan yang saya dan kelompok saya kembangkan, berikut linknya,

https://drive.google.com/file/d/1431ww7z1ojYEdZNxkQimIAzW3Pf2bBgt/view?usp=sharing


PERTEMUAN 10: Pertemuan 10, menyusun “Laporan Hasil Analisis Kebutuhan” dalam bentuk ppt. Jadi, setelah membagikan kisi-kisi instrumen analisis kebutuhan pada pertemuan sebelumnya, kita merangkap jawaban dari semua responden yang ada, kemudian dianalisis dan disusunlah laporan hasil analisis kebutuhan. Hal ini serupa loh sahabat, dengan saat saya semester 3 pada mata kuliah Teori Pengembangan Multimedia BK, tapi di sini kita lebih fokus pada aplikasi multimedia BK nya. Pada pertemuan ini, juga dilakukan diskusi dengan setiap orang memberikan pertenyaan tentang laporan kelompok lain. Tanpa panjang lebar, sahabat bisa lihat nih seperti apa ppt laporan hasil analisis kebutuhan dari kelompok saya, berikut link nya,

https://drive.google.com/file/d/1Mc00XNXLkRFkReNlwP4_yQoGfWDsSxf/view?usp=sharing


PERTEMUAN 11: “Rencana Pengembangan Media BK”, nah sahabat pada pertemuan ini, saya dan kelompok sudah memasuki pada rencana pengembangan media BK yang disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Kelompok saya mengambil topik “Interaksi dan Kenakalan Remaja”, media yang akan dikembangkan adalah video animasi. Untuk lebih lanjutnya, saya lampirkan apa saja rencana yang kelompok saya susun, simak di bawah ini ya...

  • Nama kelompok: Kelompok 4
  • Topik: Interaksi dan Kenakalan Remaja
  • Bidang bimbingan: Sosial
  • Sasaran: Siswa SMA
  • Tujuan: Peserta didik/ konseli mampu memahami cara berinteraksi serta dapat  menghindari        kenakalan remaja
  • Media yang akan dikembangkan: Video animasi
  • Alasan: Berdasarkan hasil need assessment, siswa merasa lebih tertarik dengan video animasi. Selain itu, video animasi juga dapat digunakan menjadi salah satu alternatif yang efektif diberikan sebagai media  penunjang layanan bimbingan di masa pandemi seperti ini dimana segalanya serba online dan mudah diakses dimana saja.


PERTEMUAN 12: Topik “Evaluasi Pengembangan Media BK”. Pada pertemuan ini, sampailah pada membuat produk, dan pastinya sesuai dengan penjelasan pada pertemuan sebelumnya, disini kelompok kami mengembangkan produk video animasi untuk siswa SMA. Pada pertemuan ini, saya mengirimkan link video ke sipejar dan dilakukan sesi diskusi dengan setiap individu memberikan komentar/masukan terhadap produk media kelompok lainnya. Penasaran bukan? Seperti apa sih video animasi kelompok 4, nih kubagikan link videonya,

https://drive.google.com/file/d/1t9yaICkuzjcS8SyAXetrmzek3lbr_Ytt/view?usp=sharing

Keren bukan???


PERTEMUAN 13: Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya, yaitu melakukan revisi setelah mendapat review pada video animasi kelompok saya. Selanjutnya, setelah revisi saya dan kelompok mengupload produk media ke instagram dan berupaya mendapatkan masukan dengan sedikitnya siswa/mahasiswa sejumlah 30 masukan, dari dosen 3 dan guru BK 3. 

Untuk apa kak? Pastinya untuk mengetahui kekurangan dari video animasi yang dikembangkan. 

Apa hanya itu kak? Tidak itu saja loh, saya dan kelompok juga merekap semua masukan yang ada dan selanjutnya kami menyusun “Laporan Hasil Evaluasi Eksternal”. Pasti kalian bertanya-tanya, videonya apa ya kekurangannya. Maka dari itu, silahkan dilihat laporan yang berisikan masukan dannjuga tindak lanjut apa yang akan kami lakukan, berikut link laporannya.....

 https://drive.google.com/file/d/1dnc9Ya2-0-E6e7OFpV4cZWrm6GiXcnz/view?usp=sharing


PERTEMUAN 14: Topik “Pengembangan Blog Maksud, Fungsi, dan Tujuan Layanan BK”, materi kelompok 6. Kita flash back lagi sahabat, tadi sebelum UAS, masih di kelompok 5 kan, nah sekarang merupakan kelompok terakhir, yaitu kelompok 6 yang membahas tentang blog. Jujur, saat itu saya belum mengetahui sama sekali bagaiman cara membuat blog, ternyata sangat mudah loh sahabat. Sama dengan pertemuan 3-5, disini kita berdiskusi melalui sipejar dan terdapat tugas individu membuat blog. Hayooo!! Siapa nih yang penasaran seperti apa ya blog pertama kak Anwar? Tidak perlu penasaran, karena saya akan membagikannya di bawah ini,

https://warlut.blogspot.com/2021/05/sharing-sharing-with-kak-anwar.html


PERTEMUAN 15: Yuhuu, kita udah sampai pada refleksi pertemuan ke 15 nih, sama dengan pertemuan ke-14, di sini terdapat tugas individu mengembangkan blog. Namun, bedanya membuat blog yang judulnya sesuai dengan media yang dikembangkan oleh kelompok saya, yaitu video animasi dan pastinya ditambah mengupload video animasinya ke dalam blog. Wow, keren banget sahabat, selain tulisan, gambar, juga ada video di dalamnya. Yuk lihat bersama, seperti apa blog yang saya kembangkan pada pertemuan ke 15 ini, jangan lupa beri masukan...

https://warlut.blogspot.com/2021/06/interaksi-kenakalan-remaja.html


PERTEMUAN 16: “Ujian Akhir Semester”. Yapp, inilah yang terakhir, terciptanya blog ini tentang pengalaman kuliah dari awal sampai akhir dan blog lain tentang pengembangan media BK yaitu karena Tugas Akhir Semester pada mata kuliah ini sahabat. Untuk blog yang berisi tentang langkah-langkah pengembangan multimedia dalam BK, sahabat dapat melihatnya di blog saya yang berjudul "Multimedia Development Steps in Guidance and Counseling"


Nah itu tadi sahabat, refleksi pengalaman saya selama 1 semester menjalani mata kuliah “Aplikasi Pengembangan Multimedia Bimbingan dan Konseling”. Sangat banyak loh manfaat yang saya dapatkan, bagi kalian tidak perlu khawatir, kalian bisa belajar mulai sekarang, kalian bisa lihat website yang membahas tentang aplikasi multimedia, cara penggunaannya, dll. Juga bisa melihat video-video yang ada pada youtube dan bisa langsung mencobanya pada aplikasi pengembangan multimedia yang ada.

Semoga bermanfaat sahabat... Apabila terdapat kekurangan, kalian boleh banget berikan komentar dan masukannya ya. Tetap semangat dan sehat selalu sahabat, sampai jumpa di blog selanjutnya😁


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interaksi & Kenakalan Remaja